full screen background image

10 Pencari Suaka Dikirim ke Pekanbaru, Rudenim Tanjungpinang Masih Dijejali Pencari Suaka

batampos.co.id – Sebanyak 10 deteni dari Rudam Detensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang terbang ke Pekanbaru, Riau, Kamis (11/2) pagi ini. Perpindahan ini merupakan tahapan setelah 10 warga negara asing tersebut mengantongi status refugee dari Organisasi Migrasi Internasional (IOM).

“Kami sudah mendapat persetujuan dari Jakarta dan IOM. Surat perintah untuk pengawalan keberangkatan mereka pun sudah beres,” terang Kepala Rudenim Tanjungpinang, Surya Pranata, Rabu (10/2).

Setiba di Pekanbaru, sambung Surya, 10 orang deteni tersebut untuk sementara waktu tinggal di rumah singgah di sana. Untuk kemudian menanti jadwal pemberangkatan mereka ke negara ketiga.

Sepuluh deteni yang diberangkatkan ke Pekanbaru pagi ini terdiri dari lima pencari suaka asal Afganistan. Kemudian tiga lainnya berasal dari Rohingya, Myanmar, satu dari Somalia dan satu lainnya merupakan deteni asal Eritrea, Timur Laut Afrika.

Surya menyebutkan, saat ini lebih dari separoh deteni yang menghuni Rudenim Tanjungpinang adalah pencari suaka asal Afganistan. “Total ada 306 imigran Afganistan yang mukim di sini,” ucapnya.

Hingga hari ini, Rudenim Tanjungpinang masih menampung 444 imigran dari pelbagai negara. Dengan keberangkatan 10 orang hari ini, tentu akan sedikit membuat lega kapasitas ruangan. “Namun akan kembali diisi dengan imigran lain yang telah menunggu untuk dapat masuk sini,” terangnya.

Menurut Surya, kini masih banyak imigran yang berada di luar bangunan Rudenim menunggu untuk dapat dipindahkan ke rumah singgah bagi para pencari suaka ini. Hanya saja, kapasitas ruangan Rudenim Tanjungpinang, tidak mencukupi untuk menampung seluruhnya.

Sumber : http://batampos.co.id/